buka usaha ternak burung macaw
Burung, Ternak

Potensi Usaha Ternak Burung Macaw

Peluang usaha ternak burung macaw sangat menjanjikan, karena ternyata banyak sekali penghobi burung paruh bengkok besar ini. Jumlah peternak burung macaw di Indonesia masih sangat sedikit, sehingga permintaan macaw masih di import dari luar negeri.

Burung macaw juga dikenal menghibur sehingga membuatnya telah dipelihara sebagai hewan peliharaan selama ratusan tahun. Namun, ukuran macaw yang cukup besar membuatnya sulit untuk dirawat, tetapi burung macaw adalah hewan peliharaan yang setia dan termasuk salah satu ras burung cerdas.

Kenapa Burung Macaw Diminati?

Ada beberapa hal yang menyebabkan burung macaw banyak di minati penghobi burung di Indonesia.

1. Bisa bicara

Tidak seperti anjing atau kucing, Anda bisa mengajari burung, terutama kakak tua dan beo untuk berbicara! Hal yang tidak mungkin dilakukan oleh hewan lainnya.

2. Tidak mahal

Tidak seperti anjing atau kucing, burung hanya memerlukan sedikit makanan dan air untuk memenuhi kebutuhannya. Mereka hanya memakan biji-bijian dan sayuran, juga buah. Tidak mahal bukan?

3. Pintar

Faktanya, burung adalah salah satu hewan yang pintar. Buktinya mereka bisa menirukan kata-kata kita. Iya kan?

4. Mudah dirawat

Burung tidak membutuhkan perhatian sebesar anjing atau kucing. Anda tidak usah membawanya berjalan-jalan, melatih, atau mengajak mereka bermain. Membersihkan tempat kotoran burung juga lebih mudah daripada kotoan anjing atau kucing.

5. Cocok untuk tempat kecil

Anjing atau kucing memerlukan tempat yang luas untuk bermain-main. Jika Anda tidak memiliki cukup ruangan, maka burung dapat menjadi peliharaan yang cocok. Anda hanya memerlukan satu sudut untuk kandangnya. Lagipula, kebanyakan ibu kos atau pemilik apartemen tidak menganggap burung sebagai peliharaan yang mengganggu.

6. Pintar bersosialisasi

Orang-orang sering berpikir bahwa burung sedikit jauh dari keseharian mereka, hanya karena burung tidak bisa berdekatan seperti kucing atau anjing. Namun faktanya burung memiliki kedekatan yang besar terhadap pemiliknya, lebih daripada anjing atau kucing. Burung akan terus berada di dekat Anda untuk mendengarkan.

Beberapa hal di atas membuat burung macaw di pilih sebagai burung peliharaan selain masih banyak keunggulan lain burung macaw di banding burung paruh bengkok lainnya seperti perawatan dan makanan yang mudah, usia yang panjang dan lain sebagainya. Karena itu peluang usaha ternak burung macaw kami rasa masih sangat menggiurkan.

Potensi Usaha Ternak Burung Macaw

Burung macaw adalah hewan sosial yang hidup berkumpul dalam kelompok koloninya berjumlah 10 hingga 30 ekor. Burung yang memiliki habitat asli di Amerika Selatan ini adalah tipe hewan setia terhadap pasangannya, burung macaw akan sehidup semati dengan pasanganya hingga umur 60 tahun.

Karena burung macaw habitat aslinya hidup berkelompok atau berkoloni dan sosialnya yang tinggi, alangkah baiknya jika ingin memelihara paling sedikit dua ekor. Hal tersebut untuk menghindari setres terhadap burung macaw.

Ukuran kandang burung macaw baiknya berukuran 1,5 m X 2 m. Ukuran tersebut adalah ukuran minimal untuk kandang burung macaw yang besar. Bahannya bisa terbuat dari kawat halus atau juga besi. Kandang juga perlu diberi aksesoris seperti tangkringan yang terbuat dari kayu yang tidak bergetah.

Makanan burung macaw sangatlah mudah, karena makanan pokoknya cukup dengan buah-buahan dan biji-bijian saja. Namun ada 2 jenis buah yang menjadi larangan untuk di makan, yakni buah alpukat dan coklat, yang mana buah tersebut akan menjadi racun di tubuhnya dan menyebabkan diare.

Jenis-Jenis Burung Macaw

1.Burung macaw blue and gold

Jenis burung yang pertama adalah blue and gold macaw. Jenis burung jenis tidak di sarankan untuk di pelihara jika masih pemula. Karena Burung ini mempunyai badan besar dan suara kasar. Pemilik jenis macaw ini harus memiliki kesabaran untuk memahami karakter ini.  Harga untuk anakan 5 juta dan harga untuk dewasa 15 juta hingga 25 juta.

2.Burung macaw severe

Jenis burung macaw yang kedua adalah macaw severe. macaw severe sekarang banyak di minati oleh pecinta burung paruh bengkok. Hal ini di karenakan yang pertama burung macaw severe mempunyai karakter yang ramah, Dan yang kedua burung macaw severe mampu berbicara. Burung macaw severe memiliki harga jual kisaran 15 juta sampai 30 juta.

3. Burung greenwing macaw

Jenis burung macaw yang ketiga adalah greenwing macaw. Burung yang mempunyai keistimewaan di bagian sayapnya yang berwarna hijau. Burung greenwing macaw bisa merespon  baik kepada pemiliknya. Bahkan antara pemilik dan greenwing macaw bisa mempunyai ikatan. hal yang merepotkan pemiliknya harus banyak meluangkan waktu bersama greenwing macaw. Harga yang di tawarkan 15 juta untuk anakan, dan 40 juta untuk yang dewasa.

4.Burung hahn’s macaw

Jenis burung macaw yang keempat adalah hahn’s macaw. Burung jenis mempunyai badan yang kecil di bandingkan jenis lainnya. Burung ini ramah dan cepat tanggap ke pada siapa saja yang merawatnya. Melatih burung jenis ini haruslah sabar, bahkan jenis burung ini juga bisa pandai berbicara. Burung jenis ini bisa di beli dengan harga 18 jutaan.

5. Burung yellow collared macaw

Jenis burung yang kelima adalah yellow collared macaw. Jenis burung ini memiliki corak kuning di lehernya seperti baju. Banyak pecinta burung bengkok menyebutnya dengan nuri kecil yang pintar. Sama sejenis dengan macaw lainnya burung ini juga membutuhkan perhatian sampai bisa bicara. Harga burung ini di tawarkan dengan harga 22 juta untuk yang dewasa.

6. Burung military macaw

Jenis burung selanjutnya yang keenam adalah military macaw. bisa di katakan jenis burung ini mempunyai reputasi yang baik di kalangan pecinta burung yaitu, asik dan menyenangkan. selain itu burung ini mempunyai rasa ingin tau yang tinggi dan mempunyai suara yang berisik. burung jenis ini juga suka bermain dan berinteraksi sama manusia. burung ini bisa di tawarkan dengan harga 23 juta.

7. Burung macaw hibrid

buka usaha ternak burung macaw
burung macaw bagus

Jenis burung yang berada di nomer tujuh adalah macaw hibrid. sesuai dengan namanya jenis burung ini hasil silangan beberapa burung. Jenis silangan  yang ideal dan favorit akan mendapatkan ekspektasi yang tinggi. setidaknya penghobi yang mau merawat burung jenis ini harus memiliki pengalaman sebelumnya. harga yang di tawarkan sesuai kualitas 25 untuk anakan, kemudian 50 juta untuk dewasa.

8. Burung scarlet macaw

Jenis burung yang kedelapan adalah scarlet macaw. Burung jenis ini cukup jinak di rawat dan setidaknya membutuhkan waktu setiap harinya. Orang yang mau merawat burung ini pastikan burung ini merasa seneng dan tidak bosan, Bisa juga di siapkan tempat bermain agar burung tidak merasakan hal tersebut. Burung jenis ini tawarkan kisaran 18 juta hingga 25 juta.

9. Burung hyacinth macaw

Jenis burung yang kesembilan adalah hyacinth macaw. Burung jenis ini juga bisa di rawat oleh pecinta paruh bengkok. hyacinth macaw perlawan kata dengan hahn’s macaw. karena jenis burung ini memiliki ukiran yang paling besar di antara jenis lainnya. Jenis burung ini juga sangatlah sulit di latih karena membutuhkan waktu yang sangat lama. bicara soal harga hyacinth macaw 60 juta sampai 70 juta perekornya.

10. Burung blue winged macaw

Janis yang terakhir adalah blue winged macaw. Jenis burung ini sangatlah ramah dan bisa berinteraksi dengan manusia, Bahkan banyak pecinta burung paruh bengkok yang merawatnya sejak kecil karena bisa jadi ikatan antara keduanya. Jenis burung blue winged macaw memiliki harga yang paling tinggi dengan harga kisaran 100 juta perekornya.

Pasar Burung Macaw

Perusahaan Parrot Live s merupakan sebuah usaha bird shop yang secara khusus menjual burung jenis paruh bengkok. Parrot Live s menjual berbagai macam varian burung paruh bengkok, diantaranya Greenwing Macaw, Blue & Gold Macaw, Cockateil, Sun Conure, Love Bird dan lain-lain. Selain menjual burung, Parrot Live s juga menjual makanan dan aksesoris untuk burung seperti mainan dan kandang burung yang bisa didesain sendiri sesuai dengan permintaan pelanggan. Pelatihan dan penitipan burung adalah jasa yang dijual oleh Parrot Live s. Pelatihan dan penitipan burung ini terbatas hanya untuk 30 burung, dikarenakan tempat yang belum bisa menampung lebih dari angka tersebut. Parrot Live s mempunyai komitmen untuk memperkenalkan varian burung paruh bengkok kepada masyarakat, khususnya para penggemar burung yang ada di DKI Jakarta. Target Market yang di tuju oleh Parrot Live s secara demografis adalah anak muda dan dewasa berusia tahun yang berprofesi sebagai mahasiswa, pekerja kantoran, atau wiraswasta. Adapun target market lainnya dari Parrot Live s secara psikografis adalah para 73

Leave a Reply

Your email address will not be published.