Cara Budidaya Tanamam Hias Anthurium

Cara Budidaya Tanamam Hias Anthurium

Cara Budidaya Tanamam Hias Anthurium – Melakukan budidaya tanaman hias mungkin menjadi salah satu hobi yang banyak digemari sebagian orang, entah hanya untuk mengisi waktu luang . Dengan adanya tanaman-tanaman hias di depan ataupun di sekeliling rumah, memang akan menambah nuansa segar, asri dan indah dari rumah tersebut.

Salah satu jenis tanaman hias yang banyak dicari oleh para pecinta tanaman hias adalah Anthurium. Memiliki berbagai macam jenis dengan keunikan masing-masing dan juga dinilai mudah dalam melakukan perawatannya, menjadikan Anthurium menjadi salah satu tanaman hias yang masih cukup populer dan banyak dicari hingga saat ini.

Namun sayangnya, permintaan pasar akan ketersediaan tanaman hias Anthurium yang masih cukup tinggi tidak diimbangi dengan ketersediaan barang. Hal ini yang mengakibatkan harga jual di pasaran untuk Anthurium masih cukup tinggi, yaitu mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Jika kamu jeli membaca peluang dan juga memahami bagaimana prosedur pembudidayaan tanaman hias Anthurium yang benar, kamu dapat menjadikannya sebagai lahan bisnis yang memiliki prospek bisnis yang cukup menguntungkan.

Keuntungan Melakukan Budidaya Tanaman Hias Anthurium

Jika kamu memiliki niat untuk mencoba membuka ladang bisnis baru dengan melakukan budidaya tanam hias Anthurium, itu merupakan sebuah ide yang cukup bagus untuk kamu lakukan saat ini. Ada beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh, jika menjadikan pembudidayaan tanaman Anthurium sebagai lahan bisnis:

  1. Iklim Indonesia yang sangat mirip dengan Amazon, sehingga sangat cocok untuk melakukan budidaya Anthurium.
  2. Harga jual Anthurium yang tinggi.
  3. Pembudidayaan Anthurium cukup mudah untuk dilakukan.
  4. Masih minimnya pesaing.

Cara Budidaya Tanaman Hias Anthurium

Berikut ini adalah bagaimana cara melakukan budidaya tanaman hias Anthurium  dengan menggunakan prosedur yang benar:

1.Pembibitan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam melakukan budidaya Anthurium adalah melakukan pembibitan melalui biji bunga. Jika kamu tidak ingin terlalu membuang waktu dan memiliki uang yang lebih, kamu dapat membeli bibit Anthurium dari toko-toko bibit bunga atau tanam hias di sekitar wilayahmu.

Namun jika kamu ingin memahami secara detail dan langsung, bagaimana cara pembibitan Anthurium melalui biji, kamu dapat melakukan beberapa prosedur pembibitan berikut ini:

  1. Cari tanaman Anthurium yang  sudah memiliki buah yang matang dan sehat.  Ciri-ciri buah Anthurium yang sehat adalah berwarna sangat merah, berair dan mengandung biji berwarna coklat hingga hitam sebanyak satu atau dua biji.
  2. Remas buah Anthurium tersebut hingga mengeluarkan biji.
  3. Siapkan jaring kecil, kemudian cuci biji hasil perasan di atas jaring tersebut dengan menggunakan air bersih.
  4. Rendam biji selama ± 6 jam di air hangat. Jika kamu memiliki produk-produk olahan pabrik yang dapat memicu tumbuhnya akar lebih cepat dan juga melindungi dari adanya gangguan penyakit, kamu dapat menambahkannya.
  5. Semaikan biji Anthurium yang sudah direndam pada baki yang diisi dengan media tanah atau kompos.
  6. Buat lapisan atas biji dengan menutup kembali dengan menggunakan tanah, lalu semprotkan air pada lapisan tersebut.
  7. Tunggu 1-2 minggu hingga akar muncul dan dinilai kuat, lalu pindahkan ke media tanam yang baru.

2.Menyiapkan Media Tanam

Setelah bibit Anthurium telah berhasil kamu dapatkan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam baru bagi bibit. Kamu dapat menggunakan media tanam berupa pot yang memiliki ukuran diameter 40-60 cm, yang memiliki drainase baik agar tidak ada air yang mengendap terlalu banyak di dalam pot sehingga dapat menyebabkan pembusukan akar.

Setelah media tanam yang memenuhi kualifikasi di atas telah berhasil kamu miliki, langkah selanjutnya adalah membuat campuran media tanam. Campuran media tanam yang dapat kamu gunakan untuk menanam bibit Anthurium adalah sebagai berikut:

  • sekam bakar dengan cacahan pakis 4:1
  • tambahkan pupuk kandang, dekastar atau osmocote
  • sekam bakar, andam dan pupuk kandang 1:1:1
  • humus, pupuk kandang dan pasir 5:5:2

3.Penanaman Bibit

Setelah semua aspek yang diperlukan dalam penyiapan media tanam telah selesai kamu siapkan, langkah selanjutnya adalah proses penanaman bibit Anthurium. Melakukan penanaman bibit Anthurium tidaklah sulit untuk dilakukan, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah-langkah berikut ini:

  1. Buat lubang pada media tanam.
  2. Cabut secara perlahan bibit anthurium dari media semai.
  3. Masukkan anthurium kedalam lubang tersebut.
  4. Tutup lubang dan sebagian batang beserta seluruh akar tanaman dengan tanah.
  5. Sirami dengan air hingga lembab dan basah.

4.Perawatan

Agar mendapatkan tanaman hias jenis Anthurium yang bagus dan memiliki harga jual yang tinggi dipasaran, kamu perlu melakukan beberapa tindakan perawatan yang baik. Dalam melakukan perawatan tanaman hias Anthurium yang baik, berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan lakukan:

  • Pencahayaan

Syarat lokasi yang dibutuhkan agar tanaman hias Anthurium dapat bertumbuh dengan baik adalah berada di  ketinggian 1400 mdpl dengan pencahayaan 30-60%. Kamu perlu melakukan penambahan paranet, jika lokasi yang kamu gunakan terkena paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini karena pernet mampu menyerap sinar matahari hingga 70%, sehingga proses  pertumbuhan batang, daun dan bunga dilakukan secara maksimal, mengingat jika Anthurium bukanlah tanaman yang tahan akan paparan sinar matahari yang terlalu banyak.

  • Penyiraman dan pemupukan

Kegiatan penyiraman untuk tumbuhan Anthurium dapat kamu lakukan dalam periode waktu satu kali dalam satu hari secara rutin, dan pastikan tidak ada air yang menggenang di dalam media tanam agar tidak terjadi pembusukan pada akar.

Sedangkan untuk pemupukan, kamu dapat dapat menggunakan decastar setiap 3 bulan sekali dan grownmore setiap seminggu sekali.

  • Pengendalian hama dan penyakit

Untuk mengantisipasi adanya hama dan penyakit pada daun, kamu dapat melakukan pembersihan pada daun dengan mengelap pada bagian daun menggunakan kain bersih yang dibasahi air atau tissue basah secara rutin. Sedangkan untuk mengantisipasi adanya penyakit atau hama pada batang, kamu dapat menggunakan minyak hortikultura.

Baca Juga : Tata Cara Budidaya Porang

Jenis-Jenis Tanaman Hias Anthurium

Setelah mengetahui bagaimana cara budidaya tanaman hias Anthurium dengan menggunakan prosedur budidaya yang benar, tidak ada salahnya jika kamu juga mengetahui berbagai macam jenis tanaman Anthurium yang paling banyak beredar di pasaran:

1. Anthurium jenmanii

Cara Budidaya Tanamam Hias Anthurium

Ciri-ciri daun : Memiliki daun yang lebat, terlihat kompak dan kokoh

2.Gelombang Cinta

Cara Budidaya Tanamam Hias Anthurium

Ciri-ciri daun: Memiliki daun yang lebar, bergelombang dan memiliki bentuk urat yang menonjol.

3.Andraeanum

Cara Budidaya Tanamam Hias Anthurium

Ciri-ciri : Memiliki daun yang berbentuk silinder dan juga bunga yang memiliki kelopak berwarna merah

4.Hookeri

Ciri-ciri daun: Memiliki daun yang lebar dan tinggi sehingga terlihat gagah.

5.Crystallinum

Ciri-ciri daun: Memiliki daun berbentuk oval dengan urat putih yang menonjol.

Sekian informasi mengenai bagaimana cara budidaya tanaman hias Anthurium. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagimu dan terimakasih telah membaca….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *