Cara Ternak Ikan Guppy Bagi Pemula

Cara Ternak Ikan Guppy Bagi Pemula

Cara Ternak Ikan Guppy Bagi Pemula – Ikan Guppy(Poecilia reticulate) merupakah salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki keistimewaan pada warna sirip dan bentuknya yang indah sehingga membuat dirinya menjadi salah satu ikan hias yang paling popular di dunia. Pertama kali ikan guppy ditemukan oleh Robert John Lechmere Guppy pada tahun 1866 di Trinidad, Amerika Selatan. Sehingga pemberian nama Guppy itu terinspirasi dari nama penemu ikan ini.

Keunikan lain yang dimiliki ikan guppy ini adalah cara dia berkembangbiak. Tak sama seperti ikan pada umumnya, ikan guppy berkembang biak dengan melahirkan. Satu ekor indukan betina ikan guppy, dapat melahirkan hingga 30 anak dalam sekali kehamilannya. Ini menjadikan ikan guppy menjadi salah satu ikan yang paling cepat dalam perkembangbiakan.

Menjadi salah satu ikan paling popular di dunia dan mampu berkembang biak dengan waktu yang terbilang cepat. Dua faktor itu menandakan jika ikan guppy cukup bagus untuk dijadikan hewan budidaya ternak guna meraup keuntungan. Bagi kamu yang tertarik mengenai bagaimana cara ternak ikan guppy agar dapat dijadikan ladang bisnis, baca secara lengkap artikel ini karena akan membahas semuanya!

Jenis-Jenis Ikan Guppy

Sebelum membahas secara lengkap bagaimana cara ternak ikan guppy, mungkin ada baiknya kamu mengetahui berbagai jenis ikan guppy yang cukup populer, seperti berikut ini:

1. Guppy Setengah Hitam 

Seperti namanya, ciri khusus yang dimiliki oleh ikan guppy jenis ini adalah memiliki warna setengah hitam pada bagian badannya. Entah itu biru hitam, merah hitam, kuning hitam, orange hitam dan sebagainya.

2. Guppy Warna Solid

Ikan guppy dengan jenis ini memiliki ciri khusus yaitu memiliki satu warna yang dominan atau tidak ada percampuran warna lain dari kepala, sirip hingga ke bagian ekornya.

3. Guppy Bicolor

Guppy Bicolor memiliki dua warna yang berbeda pada tubuhnya yaitu percampuran antara warna dasar dengan warna corak. Pada ikan guppy jenis bicolor memiliki satu  warna dasar yang cukup kuat dengan perpaduan warna corak setidaknya 25% dari warna dasar.

4. Guppy Koi

Seperti namanya, guppy koi memiliki warna tubuh yang hampir menyerupai ikan koi, yaitu perpaduan antara warna merah dan putih dengan bagian perut yang sedikit menggembung.

Baca Juga:  Cara Budidaya Bawang Merah di Polybag

5. Guppy Hitam

Ikan guppy jenis ini pada umumnya hanya akan memiliki satu warna hitam pekat yang dominan pada sekujur tubuhnya tanpa ada warna sekunder. Guppy dengan jenis ini biasanya sangat bagus untuk diikutsertakan dalam ajang pameran. Namun dengan catatan hanya guppy hitam berukuran kecil yang sebaiknya diikutsertakan, karena guppy hitam dengan ukuran kecil masih memiliki warna hitam yang pekat, berbeda dengan guppy hitam dewasa yang biasanya warna hitam pada tubuhnya kan mulai memudar.

Dari kelima jenis ikan guppy yang disebutkan di atas, tentu saja kelima-limanya memiliki karakteristik sifat yang berbeda-beda. Jika kamu ingin melakukan ternak ikan guppy, beberapa ikan di atas dapat kamu gunakan sebagai referensi untuk menentukan ikan guppy jenis apa yang akan kamu ternakan.

Cara Ternak Ikan Guppy Bagi Pemula

Cara Ternak Ikan Guppy Bagi Pemula
Cara Ternak Ikan Guppy Bagi Pemula

Agar mendapatkan hasil anakan yang maksimal, cara ternak ikan guppy juga harus menggunakan prosedur yang benar. Berikut ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan sebagai paduan, jika ingin beternak ikan guppy:

Melakukan Pemilihan Induk yang Berkualitas

Menggunakan induk dengan kualitas yang baik memperbesar kemungkinan anakan yang nantinya dihasilkan oleh ikan guppy juga memiliki kualitas yang baik. Indukan Ikan guppy yang memiliki kualitas yang baik, harus memenuhi kualifikasi sebagai berikut ini:

  1. Berusia minimal 4 bulan
  2. Pada indukan betina, harus memiliki bentuk badan yang bulat, warna kusam dan cenderung pasif. Sedangkan indukan jatan haruslah berwarna cerah dengan tubuh yang langsung dan aktif bergerak.
  3. Tidak ada cacat fisik.
  4. Ikan terlihat sehat dan memiliki tubuh yang rapi.

Pemilihan Wadah Atau Tempat Budidaya

Dalam melakukan budidaya ternak ikan guppy, kamu harus menyediakan setidaknya empat buah wadah atau kolam. Karena pada nantinya, setiap wadah atau kolam akan memiliki fungsi yang berbeda-beda, dari mulai tempat pemisahan indukan, tempat pemijahan, penetasan dan pendederan. Luas wadah atau kolam yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan lokasi tempat dan biaya yang kamu miliki, namun sebaiknya tingginya masing-masing wadah tidak kurang dari 30 cm.

Baca Juga:  Cara Budidaya Tanamam Hias Anthurium

Baca Juga: Cara Ternak Belut Rumahan Bagi Pemula

Pemisahan Indukan Betina Dengan Jantan

Sebelum dilakukannya pemijahan, indukan betina dengan jantan sebaiknya dipisahkan dalam wadah yang berbeda dengan melakukan pergantian air setiap 1-3 hari sekali.

Pada tahap ini, pemberian makan juga perlu diperhatikan. Pemberian makan yang rutin akan sangat membantu menghasilkan indukan yang sehat untuk digunakan dalam tahap pemijahan nanti.

Dalam jangka waktu dua kali sehari, indukan ikan guppy harus tetap diberikan makan dengan pakan yang berkualitas seperti daphnia atau moina.

Pemijahan Ikan Guppy

Proses pemijahan sebaiknya dilakukan di dalam wadah dengan ukuran ketinggian air 30 cm, dimana air sebaiknya dilakukan pengendapan minimal satu hari sebelumnya.

Pada pemijahan ikan guppy diawali dengan memasukan indukan ikan guppy betina ke dalam wadah pada pagi hari dan disusul dengan memasukan indukan jantan pada sore harinya dengan perbandingan 1 : 5, dimana indukan jenis jantan lebih banyak daripada betina. Proses pemijahan sebaiknya dilakukan selama 4-7 hari

Tahap Penetasan

Setelah melihat ada indukan betina yang sudah mengalami proses pembuahan, segera angkat dan pisahkan ke wadah khusus penetasan. Air pada wadah penetasan juga perlu dilakukan pergantian selama 1-3 hari sekali dan buang sepertiga airnya setiap hari. Kemudian, lakukan pemberian pakan yang rutin dengan aturan 2 kali sehari.

Perlu kamu ketahui jika indukan ikan guppy betina dapat hamil hingga tiga kali, karena dia dapat menyimpan sisa-sisa sperma pada tubuh mereka.

Tahap Pendederan Ikan

Dalam tahap pendederan, letakkan wadah pada tempat yang memiliki intensitas matahari yang cukup dan terbuka dengan dilengkapi beberapa tanaman air di dalamnya. Hal ini bertujuan agar anak ikan guppy tidak mudah mati dan membantu pembentukan warna-warna pada tubuh mereka.

Pada ikan guppy yang masih berumur 5 hari, sebaiknya diberikan pakan infusoria, sedangkan untuk ikan guppy yang berumur lebih dari 5 hari berikan pakan berupa kutu air atau udang renik dan dilanjut dengan pemberian cacing sutra jika ikan guppy sudah berumur 20 hari lebih.

Daftar Harga Ikan Guppy Berdasarkan Jenisnya

Cara Ternak Ikan Guppy Bagi Pemula

Jika melihat pada jenis ikan guppy maka ada sekitar 40 jenis hasil hybrid alias persilangan yang telah dikembangbiakan oleh pembudidaya ikan guppy. Berikut daftar harga dan jenisnya berdasarkan yang paling banyak dicari:

  • Ikan Guppy Cobra – Ikan hias yang bercorak seperti ular ini terlihat mencolok dan mempunyai harga yang menyesuaikan warna dan coraknya. Harga paling murah berkisar Rp 250.000 per pasang.
  • Gupi Albino – Berbadan putih dan bermata merah jadi ciri khas albino. Harganya antara Rp 50.000 – Rp 350.000 per pasang. Jika badan ikan full warna putih maka dihargai kisaran Rp 400.000.
  • Ikan Gupi Japan Blue – Punya warna dominan biru muda seperti langit di ekornya dengan gradasi putih di badannya. Sangat cantik untuk dijadikan ikan hias dan cocok untuk dibudidayakan. Harganya sekitar Rp 100.000 – Rp 350.000 per pasang.
  • Gupi Tuxedo – Harganya mulai Rp 200.000 per pasang.
  • Ikan Gupi Metalic – Berwarna biru tua dengan aksen abu-abu metalic yang unik. Harganya mulai dari Rp 200.000 sepasang.
  • Gupi Magenta – Harganya mulai Rp 50.000 per pasang untuk ukuran kecil, ukuran dewasa mencapai Rp 250.00 sepasang.
  • Gupi Mosaic – Punya corak gelombang di ekornya dengan paduan warna biru, hitam dan putih. Termasuk jenis yang jarang, susah didapatkan. Harga jualnya untuk kualitas paling bagus Rp 400.000 per 2 pasang.
  • Red Moskow – Punya warna full merah pekat di seluruh badan. Harganya menyesuaikan kualitas, mulai dari yang paling rendah Rp 5.000 per ekor, sedang Rp 100.000 per pasang dan kualitas tinggi di harga Rp 200.000 – Rp 300.000 per pasang.
  • Ikan Guppy Leopard – Harga mulai Rp 50.000 per pasang.
  • Guppy Metal Yellow Lace – Paling murah dijual seharga Rp 50.000 per ekor.
Baca Juga:  Cara Budidaya Ulat Hongkong

Demikian penjelasan singkat tentang jenis-jenis ikan guppy, cara ternak ikan guppy bagi pemula, sampai ke daftar harga ikan tersebut yang bisa jadi gambaran kamu untuk menyiapkan estimasi biaya ternak ikan gupi. . Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk terus membaca di SiTua.net, karena masih banyak artikel yang bermanfaat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *