Cara Ternak Ikan Gurame Bagi Pemula

Cara Ternak Ikan Gurame Bagi Pemula

Melakukan budidaya ternak ikan gurame menjadi salah satu opsi ladang bisnis yang cukup menguntungkan untuk digeluti. Permintaan pasar akan ketersediaan ikan gurame sebagai bahan utama lauk makan yang terus mengalami peningkatan, menjadikan budidaya ikan gurame menjadi salah satu kegiatan yang tidak ada salahnya untuk kamu coba lakukan.

Omset pendapatan dari melakukan budidaya ternak ikan gurame terbilang sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan harga jual ikan gurame terbilang cukup tinggi di pasaran, hingga banyak orang yang menyebut jika ikan gurmae merupakan  makanan mewah yang harga jualnya tinggi.

Jika kamu tertarik melakukan budidaya ternak ikan gurame, alangkah baiknya kamu harus menyiapkan dan mempelajari beberapa hal dalam prosedur ternak gurame, dan juga estimasi modal yang diperlukan agar hasil dari melakukan ternak ikan gurame mampu mendapatkan keuntungan yang optimal.

Keuntungan Melakukan Ternak Ikan Gurame

Bagi kamu yang berkeinginan melakukan ternak gurame, itu merupakan sebuah ide yang cukup tepat untuk dilakukan. Berikut ini ada beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh jika melakukan ternak ikan gurame:

1.Permintaan pasar yang cukup tinggi

Ikan gurame manjadi salah satu jenis ikan yang paling banyak dicari oleh para konsumen untuk dijadikan bahan makanan. Bukan hanya rasanya yang terkenal lezat, kandungan protein dan gizi yang terdapat didalam daging ikan tersebut menjadikannya sebagai salah satu ikan yang paling banyak digemari.

Meskipun terkenal dengan harga jualnya yang mahal, orang-orang kalangan kelas menengah keatas tetap saja tidak akan  ragu untuk membeli ikan jenis ini, baik dalam bentuk mentahan ataupun makanan jadi.

2.Harga jual yang  tinggi

Dibandingkan dengan  ikan konsumsi jenis lainnya, ikan gurame menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki harga jual yang relatif mahal, baik dalam bentuk mentahan ataupun sudah siap konsumsi. Pada umumnya, harga ikan gurame yang sudah dewasa dan siap untuk dikonsumsi dibanderol mulai dari harga Rp 45.000,- hingga Rp 50.000,- per kilonya.

3.Masih minimnya kompetitor

Berbeda dengan ikan konsumsi jenis lele, emas ataupun yang lainnya yang sudah banyak dilakukan budidaya ternak oleh kebanyakan orang, ikan gurame hingga saat ini bukanlah jenis ikan ternak pilihan yang banyak dilakukan budidaya ternak, meskipun harga jualnya yang mahal.

Hal ini dikarenakan dalam melakukan pembudidayaan ikan gurame membutuhkan waktu pemeliharaan yang cukup lama hingga ikan siap untuk dipanen.

Cara Ternak Ikan Gurame Bagi Pemula

Setelah membaca beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh jika melakukan budidaya ternak gurame di atas, dan akhirnya kamu berminat untuk melakukan budidaya ikan tersebut, berikut ini ada cara melakukan ternak ikan gurame yang dapat kamu gunakan sebagai bahan prosedur, akan dapat mendapatkan hasil panen ikan gurame yang optimal:

1.Mempersiapkan media ternak

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin melakukan budidaya ternak ikan gurame adalah menyiapkan media ternak yang berupa kolam. Jika kamu yang masih pemula dan ingin melakukan ternak gurame dengan partai kecil, ukuran kolam standar yang dapat kamu gunakan adalah 8 x 10 x 1 meter, dengan menggunakan bahan terpal, kolam tanah ataupun kolam beton, yang sebelumnya telah dilakukan penaburan   kapur pertanian sebanyak 200 gram per meternya.

Namun sebelum melakukan pembuatan kolam, kamu juga harus memilih lokasi pembuatan kolam yang cocok. Lokasi yang cocok untuk dilakukan pembuatan kolam harus lokasi yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini bertujuan agar suhu air kolam standar yang dibutuhkan oleh ikan gurame agar dapat tumbuh secara optimal, yaitu 26-28 °C dapat terpenuhi.

Setelah kolam terisi dengan air dengan ketinggian 50-75 cm, diamkan terlebih dahulu selam satu minggu seblum bibit ikan gurmae dimasukan.

 

2.Pemilihan bibit

Melakukan pemilihan bibit yang baik dan unggul menjadi salah satu faktor penunjang agar tercapainya target hasil panen ikan gurame yang optimal. Dalam melakukan pemilihan bibit ikan gurame, kamu dapat menggunakan  beberapa hal berikut ini, untuk dijadikan sebagai bahan acuan dalam melakukan pemilihan bibit gurame yang unggul:

  1. Berusia ± 2 bulan.
  2. Memiliki ukuran minimal 2 cm.
  3. Tidak terlihat memiliki cacat fisik.
  4. Terlihat memiliki gerak yang lincah.
  5. Memiliki bobot sekitar 100 gram.
  6. Terlihat memiliki nafsu makan yang baik.

3.Pemberian pakan

Sama seperti makhluk hidup pada umumnya, faktor makan menjadi salah satu hal terpenting yang harus tercukupi dan diperhatikan dalam melakukan budidaya ikan gurame. Karena nantinya, pemberian makan yang baik dan cukup akan menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kualitas ikan yang dihasilkan.

Jenis pakan yang dibutuhkan untuk membantu ikan gurame dapat tumbuh secara optimal  haruslah memiliki kandungan mengandung protein nabati dan hewani yang cukup. Jenis akan yang memiliki kandungan gizi tersebut dapat kamu temui pada maggot, ampas tahu, bekicot, jagung rebus, dedak, dan pelet.

Selain pemilihan bahan pakan yang baik dan benar, periode waktu pemberian pakan yang tepat juga harus kamu perhatikan. Jangan terlalu sering atau malah telat dalam pemberian pakan, karena hal ini dapat berakibat fatal bagi kelangsungan hidup ikan gurame yang kamu ternakan.

4.Pemeliharaan Ikan Gurame

Dalam melakukan pemeliharaan ikan gurame, salah satu hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah menjaga kualitas air kolam agar tetap berada pada kualitas standar, dan  juga pembuatan sirkulasi kolam yang baik agar kolam tidak mudah kotor.

Untuk menjaga kualitas air kolam agar tetap berada di  kualitas suhu standar, kamu dapat menambahkan tanam eceng gondok di dalam kolam. Penambahan tanaman eceng gondok pada kolam ini bertujuan untuk mencegah terpaan sinar matahari secara berlebihan langsung ke kolam.

5.Panen

Pada umumnya, ikan gurame yang sudah siap untuk dilakukan pemanenan jika sudah memiliki berat minimal 7 ons. Waktu pencapaian berat minimal ikan untuk dapat dilakukan pemanenan juga tergantung dari berat benih ikan yang kamu gunakan. Sebagai contoh, jika bibit ikan yang kamu gunakan memiliki berat 2,5 ons, mungkin kamu membutuhkan waktu hingga 5 bulan agar ikan gurame dapat mencapai berat 7 ons dan siap untuk dipanen.

Hal terpenting lainnya yang harus kamu lakukan agar hasil panen dapat optimal adalah melakukan pemasaran dengan baik. Sebelum kamu melakukan pemanenan ikan gurame, alangkah baiknya terlebih dahulu kamu harus mencari pembeli ikan gurame, bisa dari pengepul maupun restoran.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Perkutut Agar Cepat Bertelur

Estimasi Biaya Modal Dan Keuntungan Ternak Ikan Gurame

Jika berbicara tentang modal yang dibutuhkan, hal ini tentu saja tergantung skala bisnis ternak ikan gurame yang kamu akan lakukan. Jika kamu ingin melakukan ternak gurame dengan partai besar, tentu saja modal yang kamu harus keluarkan akan besar pula, begitu juga sebaliknya.

Namun bagi kamu yang masih pemula dan ingin melakukan ternak ikan gurame dengan partai kecil, berikut ini ada analisis mengenai estimasi biaya modal yang dibutuhkan untuk beternak ikan gurame.

Alat dan Bahan Harga
Terpal (80 m2) Rp880.000
Bibit Ikan Gurame (1.000 ekor) Rp1.500.000
Ember untuk Operasional Rp120.000
Pelet (15 sak untuk 1.000 ekor) R3.750.000
Vitamin dan Obat Rp500.000
Total Rp6.705.000

Untuk melakukan budidaya ternak ikan gurame dengan jumlah bibit sebesar 1.000 ekor, estimasi biaya yang harus kamu siapkan ± Rp 6.705.000. Lalu berapa keuntungan yang dapat diperoleh dengn modal sebesar itu?

Penghitungan perkiraan keuntungan

Kita asumsikan dalam 5 bulan ternak ikan gurame, tingkat keberhasilan jumlah ikan yang dapat dipanen sebesar 80%  atau sejumlah 800 ekor ikan. Jika rata-rata bobot tiap  ikan gurame yang dipanen adalah 700 gram, maka berat total ikan gurame hasil panen yang didapat adalah 560 kg.

Misal jika harga jual ikan gurame di pasaran berada di harga Rp 45.000/kg, maka kamu akan dapat memperoleh keuntungan dengan perhitungan sebagai berikut:

Keuntungan : Harga jual- modal

: ( 560 x 45.000) – 6.705.000

: 25.200.000 – 6.705.000

: 18.495.000

Jadi besarnya keuntungan yang dapat kamu dapatkan dengan melakukan ternak ikan gurame selam 5 bulan, dengan menggunakan bibit sejumlah 1000 ekor adalah Rp 18.495.000

Sekian informasi mengenai cara ternak ikan gurame bagi pemula yang dapat SiTua.net berikan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai dunia usaha di bidang peternakan ikan gurame. Terimakasih telah membaca….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *