Jenis Pakan Agar Bebek Bertelur Lebih Cepat
Ternak, Tips

Jenis Pakan Bebek Agar Cepat Bertelur

Apa saja jenis pakan bebek agar cepat bertelur? Mungkin kamu juga mempertanyakan hal serupa, memang benar masalah pakan ini erat kaitannya dengan perkembangan bebek khususnya dalam hal berkembak biak (bertelur).

Dalam berternak bebek, tentu saja kita mengharapkan keuntungan dalam menjalankannya, darimana keuntungan itu bisa diambil? Bisa dari penjualan bebek maupun dari telurnya, yang jadi masalah adalah ketika bebek yang diternak tidak mampu bertelur dengan cepat.

Hal itu akan menjadi masalah dalam jangka waktu pemeliharaan yang semakin lama namun tak kunjung menghasilkan. Berapa lama proses bertelur inilah yang membuat peternak sering merugi, rugi dalam hal usaha, pemberian pakan maupun perawatan.

Jenis Pakan Bebek Agar Cepat Bertelur

Dalam artikel ini Situa.net akan membahas apa saja pakan yang cocok untuk bebek sehingga memungkinkan si bebek ini untuk bertelur lebih cepan dan lebih banyak. Tak seperti manusia, pakan bebek tentu saja lebih sederhana dan lebih mudah ditemukan. Lantas apa saja daftarnya?

1. Padi

jagung untuk pakan bebek

Padi dapat digunakan sebagai pakan bebek supaya lebih cepat bertelur karena serat dan mineral yang terkandung dalam padi punya banyak manfaat. Padi atau yang biasa disebut orang jawa sebagai gabah mengandung 40% serat kasar dan 10-17% silika (26%) dari berat padi.

Tapi bukankah harga padi tergolong mahal? Untuk mengakalinya kamu cukup membeli padi berkualitas rendah supaya mendapat harga yang lebih murah. Jika dirasa sudah mendapatkan keuntungan, kamu bisa menaikan kualitas padi dengan yang bagus sebagai pakan bebek.

2. Jagung

jagung untuk pakan bebek

Jagung sebagai pakan bebek rupanya bisa menjadi sumber energi yang bagus karena kaya akan kandungan BETN (Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen), serta kandungan lemak yang tinggi dan sari patinya bagus untuk reproduksi bebek.

Apa saja kandungan jagung? Kandungan nutrisi jagung adalah 86% bahan kering (BK), abu 3,3%, lemak 6,9%, serat kasar (SK) 4,3%, bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN) 61,8% dan protein kasar (PK) 9,7%, sedangkan kandungan nutrisi pollard adalah BK 86%, abu 5,2%, lemak 3,5%, SK 15,7%, BETN 51,9% dan PK 12,9% (Hartadi, 1997).

3. Biji Sorgum

manfaat biji sorgum untuk pakan bebek

Apa itu sorgum? Sorgum adalah salah satu tanaman yang bisa menjadi pakan bebek. Tanaman ini dilihat sekilas bentuknya mirip dengan jagung tapi mempunyai buah yang berbeda, sorgum tergolong biji-bijian sereal yang lebih kecil dibanding jagung.

Penggunaan biji sorgum dalam ransum pakan ternak bersifat suplemen (substitusi) terhadap jagung, karena nilai nutrisinya tidak berbeda dengan jagung. Namun dikarenakan kandungan tanin yang cukup tinggi (0,40-3,60%), biji sorgum hanya digunakan dalam jumlah terbatas karena dapat mempengaruhi fungsi asam amino dan protein.

Manfaat dari biji sorgum ini bisa dijadikan sebagai pakan bebek agar cepat bertelur, hal ini tak lepas dari kandungan protein sebanyak 9-17% di dalamnya. Perlu diingat bahwa kamu harus memperhatikan komposisinya sebelum menjadikan sorgum sebagai pakan utama untuk bebek.

Biji sorgum dapat diberikan langsung berupa biji atau diolah terlebih dulu dan dicampur dengan bahan-bahan lain dengan komposisi sebagai berikut: biji sorgum 55-60%, bungkil kedelai/kacang tanah 20%, tepung ikan 2,50-20%, dan vitamin-mineral 2-8%. Penggunaan sorgum 30−60% dalam ransum tidak berpengaruh terhadap performa bebek.

4. Dedak

dedak sebagai pakan bebek

Bisa dibilang dedak ini adalah ‘limbah’ sisa produksi dari proses penggilingan padi menjadi beras. Dedak padi digunakan sebagai pakan ternak karena mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi, harganya relatif murah, mudah diperoleh, dan penggunaannya tidak bersaing dengan manusia.

Proses penggilingan padi dapat menghasilkan beras giling sebanyak 65% dan limbah hasil gilingan sebanyak 35% yang terdiri dari sekam dedak danbekatul. Proteinnya berkisar antara 12-14% lemak sekitar 7-9%, serat kasar sekitar 8-13% dan abu sekitar 9-12%.

Dedak biasanya tercampur dengan kulit padi, oleh sebab itu kandungan proterinnya cukup tinggi skitar 13% dan kandungan lemak sekitar 14%. Untuk pakan bebek supaya cepat bertelur maka pilihlah dedak yang mengandung kulit ari beras, menir atau pecahan beras, serta tidak banyak tercampur dengan kulit padi atau pecahan sekam.

5. Bekatul

bekatul sebagai pakan bebek petelur

Bukankah bekatul sama saja dengan dedak? Dedak padi (rice bran) adalah hasil samping proses penggilingan padi, terdiri atas lapisan sebelah luar butiran padi dengan sejumlah lembaga biji. Sementara bekatul (rice polish) adalah lapisan sebelah dalam dari butiran padi termasuk sebagian kecil endosperm berpati.

Apalagi bedanya? Jumlah serat keduanya juga berbeda, bekatul memiliki serat kasar yang lebih sedikit sedangkan dedak lebih banyak. Tak heran kalau harga bekatul cenderung lebih tinggi dibanding dedak, selisih antara Rp 500 – Rp 1.000 per kilogram.

Kandungan nutrisi di dalam bekatul juga lebih banyak dibanding dedak sehingga membuatnya cocok untuk dijadikan pakan bebek dalam peternakan. Apa saja kandungannya?

kandungan nutrisi dalam bekatul untuk pakan ternak

6. Onggok

onggok sebagai pakan bebek petelur

Apa yang dimaksud dengan onggok? Onggok adalah ‘limbah‘ sisa dari proses giling tapioka yang berasal dari ubi kayu atau ketela, orang jawa biasa menyebutnya dengan gaber. Di pasaran ada dua jenis onggok yang kerap ditemui, yakni onggok kering dan basah.

Meski onggok tergolong limbah, namun cocok untuk pakan ternak karena terdapat banyak kandungan di dalamnya, seperti: karbohidrat sebagai sumber energi, nilai gizi, protein, lemak, dan air yang tinggi. Oleh karena itu, onggok memang cocok menjadi pakan hewan ternak. Apalagi, ternak yang diberi asupan onggok cenderung lebih gemuk, sehat, dan bobot badannya lebih berat.

7. Ampas Tahu

ampas tahu untuk pakan bebek petelur

Sesuai dengan namanya, ampas tahu adalah limbah dari proses pengolahan kedelai menjadi tahu. Ampas tahu bisa digunakan untuk pakan ternak ruminansia dan unggas (bebek). Selain mudah didapat, bahan ini juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik dengan kandungan protein kisaran 21%. Ampas tahu bisa menjadi pelengkap protein dari pakan hijau.

9. Tepung Bekicot

Tepung Bekicot & Keong Mas untuk pakan bebekTepung Bekicot & Keong Mas untuk pakan bebek

Tepung ini berasal dari cangkang bekicot kering yang dihaluskan dengan cara digiling kemudian diayak. Tepung bekicot mengandung protein sebesar 28%, serat kasar 1%, kalsium 25%, serta 1% fosfor. Oleh sebab itu tepung bekicot sangat bagus digunakan untuk pakan bebek supaya cepat bertelur, serta membantu pertumbuhan tulang hewan ternak. Tepung bekicot juga dapat dicampurkan dengan tepung daging bekicot untuk menambah khasiatnya.

Kombinasi Pakan Bebek Petelur

jenis pakan agar bebek cepat bertelur

Setelah kamu tahu jenis pakan apa saja yang cocok supaya bebek cepat bertelur, maka langkah selanjutnya kamu harus mengatur pemberian pakan. Pengaturan ini meliputi berapa takaran yang sesuai dengan usia bebek dan komposisi apa yang pas untuk pertumbuhan mereka.

Komposisi Pakan Bebek Petelur Usia 2 – 5 Bulan

Di usia ini bebek membutuhkan pakan dengan jumlah 90 – 120 gram per ekor/hari, menyesuaikan umur bebek. Pakan ini harus mengandung protein kasar sebanyak 16 – 20% dan energi metabolisme sejumlah 2.900 kkal/kg.

Pasti kamu kebingungan dengan komposisi di atas, situa.net akan memberi contoh komposisi pakan yang kandungannya sesuai seperti di atas untuk memaksimalkan potensi bertelur dari bebek itu sendiri.

Contoh komposisi pakan bebek petelur

  • Contoh pakan pertama
Jenis PakanKomposisi
Konsentrat 10%
Bekatul 60%
Enceng gondok 10%
Jagung kuning giling 20%
  • Contoh pakan kedua
NomorJenisKomposisi
1Jagung kuning giling45%
2Kedelai15%
3Bekatul 15%
4Tepung ikan 10%
5Bungkil kelapa5%
6Tepung daun lamtoro 5%
7Rumput kering 2%
8Tepung kerang 2%
9Tepung tulang 1%
  • Contoh pakan ketiga
NomorJenisKomposisi
1Jagung giling 20%
2Dedak 20%
3Menir 15%
4Kedelai 15%
5Tepung ikan 10%
6Tepung darah 10%
7Tepung tulang 5%

Komposisi Pakan Bebek Petelur Usia di Atas 5 Bulan

Setelah masa pertumbuhan, bebek akan memasuki masa persiapan untuk kawin, oleh sebab itu komposisi pakan bebek juga berubah. Saat ini bebek membutuhkan pakan 150 gram per ekor/ hari ditambah pakan hijauan dan mineral.

Pakan perlu mengandung protein kasar 15 – 18 % dan energi metabolisme 2900 kkal/ kg. Jika kamu binggung silahkan simak contoh komposisi pakan bebek seperti tabel di bawah ini:

  • Pakan 1
NomorJenisKomposisi
1Konsentrat bebek layer 60%
2Jagung giling 15%
3Kremis 15%
4Enceng gondok halus 10%
  • Pakan 2
NomorJenisKomposisi
1Nasi aking 40%
2Bekatul 40%
3Konsentrat layer 10%
4Jagung 10%
  • Pakan 3
NomorJenisKomposisi
1Bekatul 60%
2Jagung kuning giling 20%
3Konsentrat bebek layer 20%
  • Pakan 4
NomorJenisKomposisi
1Dedak 25%
2Jagung giling25%
3Daging bekicot cincang15%
4Tepung ikan 10%
5Garam 5%
6Tepung daun singkong 5%
  • Pakan 5
NomorJenis Komposisi
1Beras merah 30%
2Tepung ikan20%
3Bekatul 15 %
4Kacang hijau giling 12%
5Jagung giling10%
6Bungkil kelapa5%
7Tepung tulang 4,5%
8Garam 0,5%

Manajemen Pakan Bebek Petelur

Kamu sudah mengetahui apa saja komposisi pakan yang pas supaya bebek lebih cepat bertelur, kini saatnya kamu mengatur cara pemberian pakan yang benar, seperti berikut ini:

  1. Mengelompokkan bebek berdasarkan ukurannya guna mencegah bebek yang besar menyakiti bebek yang lebih kecil
  2. Membersihkan kandang bebek secara rutin agar bebas dari risiko serangan penyakit
  3. Memastikan bebek tidak kekurangan makanan dan minuman
  4. Mengobati bebek dengan tepat apabila terkena penyakit
  5. Sediakan air minum untuk bebek dalam jumlah yang tidak terbatas (adlibitum) karena apabila itik kekurangan minum, maka konsumsi pakan juga akan menurun dan akan terjadi gangguan metabolisme dalam tubuhnya.
  6. Bebek sangat sensitif terhadap keracunan aflatoksin yang dapat menurunkan pertumbuhan, produksi telur dan bahkan menyebabkan kematian.

Aflatoksin adalah senyawa organik hasil metabolisme sekunder dari jamur Aspergillus sp, yang mempunyai sifat toksik (racun) bagi kesehatan manusia atau hewan.

Umumnya bebek petelur tidak mudah sakit sehingga kamu tidak perlu melakukan vaksinasi yang merepotkan. Kalaupun perlu meningkatkan imunitas dari bebek, kamu cukup memberi vitamin yang berfungsi merangsang napsu makan dan sebagai nutrisi tambahan dalam membantu perkembangan bebek. Perhatikan juga untuk memberi antibiotik sebagai langkah pencegahan serangan bakteri yang merugikan.

Takaran Pemberian Pakan Bebek Petelur

1.  Memberi Pakan Bebek Dua Kali Sehari

Kamu bisa memberi pakan bebek sebanyak dua kali sehari pada pukul 07:00 pagi dan 16:00 sore, tidak harus sama persis. Jadi kamu membagi persentase makanan tersebut, 50% pagi dan 50% sisanya sore.

2.  Memberi Pakan Bebek Tiga Kali Sehari

Ada peternak yang memberikan pakan tiga kali sehari. Dengan demikian, pemberian kebutuhan pakan harian 156 gram/ekor bisa dilakukan dengan perbandingan 40% : 20% : 40% atau 35%: 30%: 35%.

Kamu bisa memberi pakan pada pukul 07:00, 12:00 dan 16:00 dalam satu hari. Di antara jam pakan dua kali, biasanya diselingi dengan camilan protein hewani (tumbukan keong, kerang atau limbah udang).

3.   Memberi Pakan Alternatif

Jika kamu perhatikan, bebek akan selalu terlihat lapar, apapun yang diberikan, berapapun jumlahnya selalu dia makan. Peternak bisa memanfaatkan hal ini sebagai pengatur strategi pakan. Pada jeda pemberian pakan utama, bebek bisa diberi pakan alternatif seperti ikan rucah, kulit kerang, kepala udang di pagi sebelum pemberian pakan utama dan di sore hari setelah pemberian pakan utama.

Porsi ini tidak perlu banyak-banyak. Sesuaikan dengan porsi pakan harian atau cukup 5-10% dari kebutuhan pakan.

Pertanyaan Seputar Bebek Petelur

Faktor Apa Saja yang Membuat Bebek Cepat Bertelur?

1. Model pemeliharaan bebek petelurModel pemeliharaan bebek ada 2 yaitu dengan cara dikandangkan atau digembalakan.

  • Pada model bebek dikandangkan, Produktifitas bebek petelur terkurung rata-rata lebih tinggi daripada bebek petelur yang digembalakan. Terbukti, produktifitas bebek petelur terkurung kurang lebih sebesar 69,4% atau 253 butir dalam 365 hari. Hal ini dikarenakan bebek petelur yang dipelihara dengan cara terkurung mendapatkan asupan nutrisi yang terukur dan memadai.
  • Sedangkan pada bebek digembalakan, Produktivitas ternyata lebih rendah dibandingkan dengan bebek petelur yang dikandang. Ini dikerenakan bebek petelur yang digembalakan tidak mendapatkan pakan yang memadai. Banyak peternak bebek petelur yang memilih untuk menggembalakan bebeknya dengan tujuan agar bebek bisa mendapatkan makanan dari alam.

2. Pemberian jumlah pakan terutama nutrisi yang seimbang – Seperti yang sudah dibahas di atas, nutrisi dari pakan bebek akan mempengaruhi produktifitasnya dalam bertelur. Jika kamu memberikan pakan dengan model “asal kenyang” tentu kamu akan mendapat hasil berupa “asal bertelur” yang intensitas bertelurnya jarang, tidak stabil, dan tidak selalu sehat.

3. Umur bebek – faktor selanjutnya yang berpengaruh pada kecepatan bertelur adalah umur bebek itu sendiri. Bebek betina akan mulai bertelur saat berusia 6 bulan dengan tingkat produktifitas yang terus meningkat. Kecepatan bebek bertelur akan menurun bahkan berhenti saat umurnya memasuki 1,5 tahun.

4. Bebek sedang sakit atau stres – Kesehatan hewan ternak seringkali terganggu, tak jarang bebek akan mengalami stres. Kondisi ini punya pengaruh besar terhadap produktifitas telur yang dihasilkan, bisa jadi bebek berhenti bertelur sampai kondisinya normal kembali.

Sedangkan untuk mengatasi masalah kesehatan, peternak bisa memberikan campuran vitamin pada pakan, sehingga bisa mempercepat masa pemulihan. Penyakit lain bisa juga dikarenakan bebek mengalami kegemukan yang mengakibatkan bertumpuknya lemak pada saluran reproduksi.

Bebek Bertelur Pada Usia Berapa?

Bebek petelur akan memasuki masa reproduksi di atas lima bulan, selanjutnya bebek cepat bertelur ketika sudah berusia 6 bulan. Masa produksi telur ini akan terus berlanjut sampai usia bebek menginjak 1,5 tahun dan mulai berhenti bertelur.

Bagaimana ciri-ciri bebek petelur?

Bulu kapas atau bulu halus yang rontok menandakan bebek akan bertelur. Sedangkan bulu sayap bebek telah pecah berarti bebak itu tidak lama lagi akan bertelur. Bulu halus yang rontok ini biasanya digunakan sebagai alas bertelur bebek. Sehingga, telur akan tetap terjaga suhunya berkat alas itu.

Bebek bertelur berapa kali dalam sehari?

Bebek biasa bertelur pada dini hari, umumnya mereka hanya bertelur satu butir dalam sehari. Jika kamu melihat bebek telah bertelur saat subuh, kemungkinan besar dia tidak akan bertelur lagi sampai hari berikutnya.

Bagaimana ciri ciri bibit bebek petelur yang bagus?

Kamu bisa mengenali bebek produktif lewat beberapa poin di bawah ini:

  • Mata terlihat bersih dan bersinar serta matanya mirip seperti mata katak.
  • Bagian kepala tampak ramping dan menyudut dengan paruh relatif panjang dan simetris.
  • Penampakan badan antara kepala, leher, badan, dan kaki terlihat proporsional.

Berapa harga anakan bebek petelur?

Apabila kamu tertarik memelihara unggas ini, Anda dapat membeli DOD (Day Old Duck) atau anakan bebek Peking yang ternyata ditawarkan dengan harga relatif murah, mulai Rp8 ribu hingga Rp16.000 per ekor.

Harga dari anakan bebek ini dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun 2020 dan 2021, DOD bebek petelur dijual dengan harga berkisar Rp9.500 hingga Rp16.700 per ekor dan Rp2.100.000 per box isi 300 ekor.

Berapa lama waktu untuk telur bebek menetas?

Waktu inkubasi dari telur bebek tidak selalu sama, namun jika diambil rata-rata maka waktu yang dibutuhkan telur bebek sampai menetas adalah 28 hari. Satu pengecualian untuk jenis bebek serati (muscovy). Diperlukan waktu kurang lebih 35 hari untuk menetaskan telur bebek jenis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.