pakan burung mabung
Burung, Tips, Uncategorized

Pakan Burung Mabung

Pakan Burung Mabung. Burung mabung merupakan masa dimana bergantinya bulu-bulu tua dengan bulu muda dan masa yang menyakitkan pada burung. maupun unggas lainnya. masa mabung biasanya berlangsung setahun sekali.

Memberikan Pakan burung yang mengandung protein tinggi adalah hal wajib dilakukan ,karena pada masa mabung burung memerlukan stamina dan energi tambahan untuk perontokan bulu tua dan pertumbuhan bulu baru.

masalahnnya, burung memiliki jenis pakan yang berbeda, ada burung yang makan buah-buahan, biji-bijian dan serangga. pemberian pakan berprotein juga harus diimbangi dengan pakan utamanya.

pakan burung mabung untuk burung paruh bengkok

burung paruh bengkok seperti Macau, Betet, Parkit dan lain sebagainya. pakan yang mengandung lemak dan protein tinggi bisa kita dapatkan pada eggfood, biji kwaci, wortel dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa memberikan pakan burung kemasan seperti Prestige, Core premium, VItaraft dan masih banyak lagi. dan kurangi pemberian pakan jenis millet dan cannary seed pada burung kesayangan kamu.

Pakan Burung Mabung Pemakan Biji-bijian

Kamu dapat meberikan egg food, Telur puyuh rebus, wortel, dan extra fooding lainya dengan catatan kandungan protein dan lemak yang tinngi untuk burung kesayangan kamu pada saat masa mabung.

sebagian penghobi juga mengurangi porsi pakan biji-bijiannya dan menambahkan pakan burung yang berkualitas tinngi. supaya burung kesayangannya lebih rajin berkicau setelah selesai mabung.

Pakan Burung Mabung Pemakan Buah-buahan

Jenis burung pemakan Buah-buahan seperti keluarga cica daun(cucak hijau, cucak rante, cucak biru, dan lainnya) dan keluarga cucak cucakan(kutilang, cucak rowo,trucukan, cucak jenggot dan kapas tembak). kita dapat memberikan Jangkrik, Belalang Hijau, ulat Hongkong dan kroto sebagai extra foodingnya. karena kandungan protein dan lemaknya yang sangat bagus untuk burung tersebut.

Kenapa burung Murai batu, Kacer, Cililin dan semua jenis burung Pemakan serangga tidak disebutkan? karena serangga adalah sumber protein paling tinggi
untuk sebagian jenis burung kicau. itu merupakan makanan utamanya dan kamu hanya perlu menambahkan porsinya saja.

ciri ciri burung mabung

kita bisa melihat burung memasuki masa mabung biasanya memiliki ciri cirii sebagai berikut:

  1. Warna pada bulu tampak kusam dan berantakan.
  2. Bulu mulai rontok, biasanya diawali pada bagian bulu ekor dan terus berlanjut samapi botak total.
  3. Burung mulai jarang berkicau, namun ada sebagian burung juga yang masih rajin berkicau.
  4. Burung terlihat lesu, tidak gesit dan lebih banyak diam.
  5. Mental pada burung gampang turun(ngedrop).

Umur burung Mabung

  • masa awal mabung untuk semua jenis burung, terjadi saat burung masih piyik samapi berumur tiga bulan pertama.ini merupakan proses pergantian bulu halus piyik ke bulu anakan trotol
  • sampai burung berumur 6 bulan burung kembali masuk fase mabung, proses ini berlangsung selama 1 bulan. dimana bergantinya bulu trotol ke bulu dewasa inilah yang sebenarnya dinamakan mabung pertama.
  • setelah burung busia 8 samapi 9 bulan, bulu burung mulai rontok samapai ambrol.
  • umur 10 hingga 11 bulan bulu burung mulai tumbuh.
  • burung yang berumur 12 bulan akan memasuki masa masa yang prima , masa ini biasanya penngemar mulai mengikutkan burung untuk perlombaan.
  • hingga burung memasuki masa mabung kedua.
  • setelah masa mabung kedua selesai, untuk memasuki masa mabung selanjutnya akan berjarak lebih lama lagi. normalnya terjadi setahun sekali.

 

Cara Perawatan Burung Mabung

Cara Perawatan Burung Mabung memanglah menjadi satu masalah tersendiri bagi para pemelihara burung, perawatan burung mabung sangat sensitif dan perlu perhatian yang lebih. karna jika kamu salah dalam perawatan saat burung memasuki masa mabung, burung kesayangan kamu bisa turun kualitas dan peformanya.

Masa mabung adalah masa dimana burung beristirahat(cuti) dari aktifitas harianyang biasa burung itu lakukan. Jadi, pada proses mabung tersebut hendaknya di pergunakan untuk membuat burung jadi rehat total. burung yang jarang bunyi dan lebih banyak diamnya adalah hal yang sangat wajar dan sudah menjadi rahasia umum.

Tetapi, walaupun burung mabung lebih banyak menghabiskan waktu buat berdiam diri, hendak namun perihal tersebut ialah proses ilmiah serta memanglah sepatutnya begitu, supaya proses mabung sampai bulunya berkembang kembali dengan sempurna tanpa adanya kendala semacam mabung sangat lama, kualitas bulu burung tidak bagus cenderung kering serta gampang patah serta bermacam berbagai perihal yang membuat kualitas burung kamu menurun.

Apakah burung mabung boleh diberi masteran?

Buat masalah pemasteran burung kicauan memanglah dapat dicoba pada dikala mabung, sebab pada dikala tersebut, burung jadi banyak berdiam diri serta tidak buat berkicau serta memilah berdiam diri. Dengan begitu burung hendak dapat mencermati suara kicauan masterannya dengan baik, sebab tidak melaksanakan banyak kegiatan aktif bergerak serta perihal yang lain yang mengusik burung tidak focus buat mencermati suara irama kicauan masterannya.

Terdapat banyak hal yang wajib dicoba pada saat perawatan burung yang lagi mabung yang akan kita bahas di bawah ini. Sebab dengan melakukan perawatan yang baik dan benar, diharapkan burung dapat menjalani proses mabung dengan sempurna dan membentuk kualitas burung jadi bagus, kicauan yang akan di hasilakannya bertambah semakin merdu/enak didengar.

1. Jangan Memandikan Burung

Terdapat sebagian asumsi, burung pada dikala mabung boleh dimandikan, tetapi perihal tersebut sangatlah tidak pas. Buat memandikan burung hingga memilih waktu dimana burung dalam kondisi lagi menuntaskan bulu burung yang baru, dengan tumbunya bulu jarum yang mulai berkembang dengan banyak serta rimbun. Sebab kala burung pada dikala mabung ataupun pada dikala merontokan bulu, hingga hendak membuat proses mabung hendak terhambat serta membuat bulu jadi alot serta susah rontok.

Memandikan bulu burung yang telah mulai berkembang mempunyai khasiat buat mensterilkan bakteri, kutu apalagi tungau yang melekat pada kulit serta bulunya, sebab dalam keadaan tersebut burung rawan terkena penyakit serta pula dengan memandikannya hendak membuat bulunya jadi bersih.

Tetapi perhatikan kembali, soalnya bulunya belum begitu rimbun walaupun telah mulai banyak berkembang, jangan mandikan sangat basah kuyup, sebab dapat membuat burung jadi kedinginan.

2. Jangan di Jemur

Perihal yang hendaknya di jauhi kala menjaga burung mabung, merupakan dengan menjemurnya, sebab bila menjemur burung dikala mabung hendak membuat hal- hal yang membuat mutu bulu burung jadi tidak bagus, yang di tandai dengan bulu jadi kering, bulu keriting, tidak bersih serta pula mengkilap.

Dalam merontokan bulu, burung tidak memerlukan cahaya matahari, malah supaya membuat bulu burung rontok dengan baik, burung di tempatkan di tempat yang kering dengan sedikit lembab.

Jadi jauhi kala burung pada dikala rontok bulu buat di jemur, tetapi buat menjemurnya, hingga dapat kala bulu burung mulai berkembang rimbun kembali, serta jauhi pula buat menjemur kala bulu burung baru berkembang bulu jarumnya, tetapi lumayan di angin- anginkan saja, serta bulu jarum telah mulai rimbun menghiasi badannya hingga dapat di mandikan serta pula jemur serta itupun jangan sangat lama.

3. Jangan Giat Berkicau

Terdapat sebagian kicaumania yang merasa bahagia serta pula bangga, kala dikala mabung burung kesayangannya tersebut giat berkicau serta apalagi di turut lombakan.

Dalam sebagian kicaumania, dengan mengikut lombakan burung lagi mabung buat memancing burung rontok bulu dengan ambrol. Hendak namun tidak seluruhnya benar, serta memanglah burung hendak rontok bulu, tetapi cuma sebagian besar bulunya saja, semacam bulu ekor serta pula bulu sayap, hendak namun bulu kecil ataupun halusnya masih belum rontok.

Dengan seringnya giat berkicau pada dikala mabung, dapat di tandai burung tersebut dalam kondisi birahi. Dalam kondisi tersebut malah hendak membuat proses mabung yang berkelanjutan serta lama buat selesainya.

Perkenankan burung hadapi ngedrop pada dikala mabung tersebut serta perkenankan burung menghabiskan waktu berdiam diri serta buatnya focus pada proses mabungnnya.

Jadi tunggu sampai sebagian bulan, 1 hingga 2 bulan lamanya, serta kala bulu burung telah berkembang kembali, toh dapat di fokuskan kembali buat di asah mutu kicauannya serta tabah buat menunggu proses mabungnya sampai berakhir.

4.Menyesuaikan Pemberian Protein

Dalam perihal ini pastinya wajib di perhatikan, kala membagikan pakan yang mempunyai isi protein, sebab satu sisi burung memerlukan isi protein buat perkembangan bulunya, satu sisi bila di bagikan dalam jumlah banyak malah hendak membuat burung jadi Birahi serta buatnya giat buat berkicau.

Santapan yang memiliki protein yang biasa di bagikan pada burung merupakan, santapan dari Ekstrafooding semacam serangga kecil, jangkrik, kroto, putih telur rebus, ulat hongkong serta pakan yang lain yang mempunyai isi protein yang lumayan besar.

Jadi apapun tipe burung yang dipunyai, entah itu burung pemakan biji- bijian, ataupun pemakan serangga, hingga perhatikan pemberikan protein.

Cukupi kebutuhan protein pada burung yang lagi mabung sebanyak 16 hingga 20%

serta jangan melebih sampai 30% sebab dapat membuat over birahi.

sepeti contoh, kamu dapat mengurangi separuh jumlah dari pakan yang biasa dibrikan pada saat perawatan untuk digacorkan. Serta perhatikan kembali bila dengan kurangi jumlah pakan yang memiliki protein masih buatnya giat berkicau masih senantiasa buatnya giat berkicau, hingga dapat dengan kurangi kembali serta seterusnya, sampai burung telah betul- betul banyak berdiam diri di kandang.

5. Memberikan Vitamin dan obat Mouting

Pemberian Vitamin dan obat moulting pada burung mabung dapat membantu dan memperepat proses mabung pada burung kesayangan kamu. Vitamin dan obat moulting bisa kamu dapatkan di toko burung atau petshoop terdekat. Contoh merk : moulting plus, pakan Raja ngurak dan masih banyak lagi produk produk untuk burung mabung.

6. Jangan selalu Krodong Terus

Dengan mengenakan krodong pada kandang burung yang lagi mabung bertujuan supaya membuat temperatur badan burung jadi senantiasa terpelihara, tidak sangat dingin serta pula sangat panas. Hingga dari itu dalam pemakaian krodong di sesuaikan saja dengan temperatur area.

Misalkan, temperatur area lagi panas, hingga dapat dengan membukan sedikit krodong, supaya temperatur kandang tidak jadi sangat panas, serta menyemprot air ke dalam krodong supaya suhunya jadi tidak sangat panas.

Begitu pula dalam keadaan area lagi dingin, hingga mengkrodongnya hendak membuat temperatur kandang serta temperatur burung yang lagi mabung tidak sangat mempengaruhi dingin serta temperatur dalam kandang senantiasa hangat.

Tidak hanya itu, sekali kali- kali kondisikan kandang di buka sewaktu- waktu, entah itu pagi hari ataupun sore hari buat menjauhi burung keracunan ammonia, yang di sebabkan oleh sisa pakanan yang jatuh serta membusuk bersama kotoran. Sembari membuka krodong, hingga bilas kotoran pada kandang tersebut serta membagikan kulit jeruk nipis.

demikian artikel yang  membahas tentang Pakan Burung Mabung serta cara perawatan pada burung mabung, semoga artikel kali ini dapat membantu dan menambah wawasan untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *