jenis pakan kambing berprotein tinggi
Ternak, Tips

Jenis Pakan Kambing Berprotein Tinggi

Situa .Bagi para peternak kambing memilik kambing yang memuaskan(unggul) merupakan suatu kebanggaan tersendiri, disamping memiliki harga jual yang lebih tinggi, banyak peminat merupakan salah satu alasan utama para peternak kambing, pemilihan pakan ternak kambing yang berprotein tinggi adalah salah satu faktornya.

kambing yang memuaskan tentu saja dipengaruhi oleh beberapa faktor, pemberian pakan yang berprotein tinggi merupak salah satu faktornya. Memberikan pakan ternak kambing dengan hijauan yang memiliki kandungan protein yang tinggi, dapat mempercepat pertumbuhan kambing kalian.

berikut adalah jenis-.jenis pakan hijauan yang bisa kita dapatkan di sekitar kita dengan mudah, dengan catatan disekitar pekarangan atupun lahan pertanian kita ditanami jenis- jenis hijauan tersebut.

Pakan Hijauan

Berikut ini jenis Hijauan Berprotein Tinngi Pakan Ternak Kambing Yang Dapat Dibudidayakan

1.Daun Kaliandra

Kaliandra merupakan kelompok klasifikasi plantae, family fabaceae, kaliandra bisa berkembang baik di dataran rendah ataupun dataran tinngi sampai 1500 mdpl. Tanaman ini cukup kuat untuk bertahan disaat musim kemarau, walaupun pertumbuhannya tidak sesubur pada saat musim penghujan.

Tidak hanya memiliki khasiat buat pakan ternak kambing, kaliandra pula berguna buat menahan erosi tanah, sebab pangkal dari kaliandra yang kokoh. Khasiat lain kaliandra merupakan, bila ditanam pada tanah yang kurang produktif, kaliandra bisa memencet perkembangan gulma sebab daunnya yang lebat.

Daun kaliandra nyaris mirip dengan daun mlanding( Petai Tiongkok), tetapi perbedaanya merupakan daun kaliandra agak lebih tipis serta halus bila dibanding dengan daun mlanding.

Metode Budidaya Kaliandra

Dari biji kaliandra kalian bisa langsung mengembangbiakannya. Tidak hanya dari biji buahnya, kalian juga dapat mengembangbiakannya dengan metode mencabut bibit kalindra yang masih kecil setelah itu menanamnya secara berpencar di lahan yang lain.

Terdapat banyak tipe kaliandra yang berkembang di Indonesia, tetapi yang lebih populer merupakan kaliandra bunga merah( Calliandra calothyrsus) serta kaliandra bunga putih( zapoteca). Kaliandra banyak digunakan selaku tumbuhan penghijauan serta pula dimanfaatkan buat ternak ternak, sebab isi protein pada daun kaliandra yang lumayan besar.

2. Ketela Taun

Singkong taun, atau biasa kita kenal dengan singkong karet mempunyai daun- daun yang lebar serta tebal, perbandingan singkong karet dengan singkong biasa pada umunya merupakan, singkong taun cuma dimanfaatkan daunnya saja, sebab singkong taun, ubinya tidak dapat disantap.

Biasanya, singkong taun diambil daunnya untuk bahan sayur, tidak hanya itu daun singkong taun kerap dimanfaatkan buat pakan ternak. Isi protein yang besar dalam daun singkong taun, sagat baik apabila diberikan pada ternak kambing.

Tidak hanya memiliki daun yang lebar serta besar, cirikhas yang menonjol dari singkong taun merupakan mempunyai pokok batangnya yang besar. Umumnya singkong ini kerapkali ditebang/ pangkas serta setelah itu hendak berkembang lagi,

tebang serta berkembang lagi sampai bertahun- tahun. Meski tumbuhan singkong karet ini mempunyai batang yang sangat besar, tetapi singkong taun cuma mempunyai umbi yang kecil, semacam pangkal yang menggembung saja.

Isi Asam Sianida Dalam Singkong Taun

Daun singkong karet memiliki asam sianida ataupun HCN. oleh karena itu jika kalian ingin menggunakan daun taun sebagai pakan ternak sebaik nya daun singkong taun wajib dicampur dengan hijauan yang lain, semacam kaliandra teresede dan hijuan yang lain.

Metode budidaya Singkong Taun

Ada pula buat metode budidayanya sangat gampang, potongan batang dari singkong taun bisa berkembang dengan gampang apabila ditanam pada bermacam keadaan lahan. Apabila telah berkembang serta mempunyai batang yang besar, singkong taun pula tahan terhadap keadaan kering maupun kemarau yang pamjang. Apabila hendak dimanfaatkan selaku pakan ternak, singkong taun bisa ditanam disekitar pekarangan, supaya lebih gampang dalam menjaga dan memetiknya.

3. Teresede( Gamal)

Teresede, atau biasa kita kenal dengan sebutan Gamal atau pun dengan nama yang lain,merupakan salah satu hijauan yang sangat bagus untuk pakan ternak kambing. Isi protein( 23% CP) serta kalsium( 1, 2%). Isi seratnya besar( 45% NDF) yang terkandung pada daun teresede sangat baik diberikan untuk kambing ternak kalian.

Daun teresede memiliki bau yang menusuk, makanya terkadang kambing yang belum terbiasa memakan daun teresede, tentu kurang suka untuk memakannya. untuk mensiasati bau menusuk, alangkah baiknya daun teresede dijemur atau dilayukan terlebih dulu sebelum diberikan untuk pakan ternak kalian, buat menyesuikan pemberian pada ternak kambing hendaknya diberikan pada kambing dalam keadaan yang lapar.

Metode Budidaya Teresede

Ada pula carabuat membudidayakannya, tumbuhan teresede ini tidak hanya ditanam dengan biji bisa pula dibudidayakan dengan metode stek, metode stek hendak lebih gampang dibanding dengan memakai biji, tidak hanya itu pengembangan dengan memakai stek hendak mempunyai masa panen yang lebih pendek dibanding dengan membudidayakannya dengan biji.

Penanaman setek lebih bagus, didapat dari batang utama tumbuhan yang sudah berumur( diatas 2 tahun), diameter batang lumayan besar( diatas 4cm) dengan panjang setek bermacam- macam mulai dari 50cm hingga 1. 5m. Jarak tanam pula bermacam- macam, antara 40- 50cm hingga dengan 1. 5– 5m bergantung kebutuhan.

Walupun terkadang tumbuhan tersede hendak menggugurkan daunnya pada dikala masa kering serta keadaan dikala keadaan hawa dingin, teresede dapat dikategorikan selaku tumbuhan yang senantiasa hijau( evergreen). Teresede dapat dipanen tiap 3– 4 bulan sekali, dengan hasil antara 1– 2 kilogram hijauan basah per tumbuhan.

Seperti itu 3 tipe hijauan pakan ternak kambing yang memiliki kandungan protein besar yang dapat dibudidayan dengan gampang. Kebutuhan pakan ternak yang terus menjadi bertambah, pasti hendak berguna bila tumbuhan hijauan dapat dibudidayakan sendiri supaya mempermudah buat membagikan santapan yang bergizi pada ternak kambing yang dipelihara

Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk

Jika sudah mengetahui jenis pakan apa saja yang cocok untuk Kambing, selanjutnya kamu harus tau tentang bagaimana cara merawat kambing , berikut diantaranya.

1. Sesuaikan jumlah kambing sama ukuran kandang

Langkah menjaga kambing supaya cepat gemuk yang dapat kamu lakukan dengan memperhitungkan ukuran kandang yang pas sesuai jumlah kambingnya. Jangan sampai dalam kandang yang kecil terdapat banyak kambing hingga ruang geraknya benar-benar terbatas. Ukuran bagusnya Anda harus sediakan 1,1 mtr. x 1,25 mtr. untuk tiap kambing . Maka ukuran kandang tinggal Anda kalikan dengan kambing yang akan menempatinya.

2. Pilih bibit yang unggul

Hal yang tidak kalah penting untuk kamu ingat yaitu pemilihan bibit yang unggul. pada dasarnya potensi kambing akan cepat besar atau tidak bisa diketahui melalui beberapa ciri-ciri tertentu. Hal ini tentu saja terkait dengan factor genetik dan kemampuannya untuk tumbuh. Jika anda masih pemula, Anda bisa meminta bantuan pada orang yang sudah ahlinya untuk menemukan kambing yang mudah gemuk perawakannya.

3. Pilih lokasi yang tenang

Rupanya tumbuh berkembang kambing dipengaruhi oleh tempat lokasi kandangnya. Pilih lokasi kandang kambing yang lingkungannya tenang sehingga tidak terusik oleh keramaian. Jika kamu menempatkannya di lokasi yang tenang dan nyaman, nafsu makan pada kambing akan baik. jaukan kandang dari keramaian karena dapat membuat kambing kalian merasa depresi, mengurangi nafsu makannya dan sakit. jika kambing kamu sakit, tentu tubuhnya semakin lebih susah menjadi gendut.

4. Memberi pakan yang memiliki nutrisi

Persyaratan mutlak sebagai langkah menjaga kambing supaya cepat gendut dengan memberikan pakan yang memiliki nutrisi. Pakan ini harus bervariatif dan beri makanan yang disukai kambing supaya nafsu makan pada kambing meningkat.

Rajinlah memberi pakan hijau seperti dedaunan atau rumput yang bisa didapat secara mudah disekitaran Anda. Dengan demikian pengeluaran Anda semakin lebih sedikit namun tetap harus memberi pakan yang banyak vitamin, karbohidrat, mineral dan protein supaya sehat.

5. Jaga kebersihan kandang

Membersihkan kandang seara teratur dari kotoran dan pakan yang berguguran. Ini akan meminimalkan kambing dari serangan penyakit. Jangan sampai kambing kamu sakit dan berat tubuhnya tidak juga semakin bertambah.

6. Mengenal penyakit kambing

Berhati-hatilah dengan beragam tipe penyakit yang dapat serang kambing setiap saat . Maka jika ada gejala kambing kamu sakit, sesegera mungkin kamu mencari info dan beri obat sesuai kondisinya dengan konsultasi pada tenaga medis hewan.

7. Memberikan obat pada kambing yang sakit

Jika kambing kamu memang sudah terkena penyakit, segera berikan obat sesuai saran dokter hewan. Jangan sampai terlalu lama dan semakin bertambah parah penyakit kambing kalian.

8. Mengontrol penyakit pada kambing

Kamu juga harus tahu apa saja jenis penyakit pada kambing yang mudah menyebar ke kambing yang lain. Jika menyebar, segera lakukan isolasi dan pisahkan dari kambing lainnya supaya kambing lain tidak ikut sakit.

9. Pemberian Comboran yang berkualitas

Pemberian comboran pada kambing sangat bagus, sebagai tambahan nutrisi dan gizi untuk pertumbuhan kambing kamu supaya cepat besar dan gemuk, comboran biasanya diisi dengan dedak ,bekatul, dan singkong.

10. Jaga selera makan kambing

selera makan kambing juga perlu diperhatikan karena berpengaruh terhadap pertumbuhannya, kamu bisa memberikan suplemen dan vitamin untuk menjaga nafsu makan kambing kalian.

11. Pakan Fermentasi

Selainnya pakan fresh, kamu juga bisa memberikan pakan fermentasi sebagai variasi supaya kambing kamu tidak bosan. Pakan ini bisa terbagi dalam dedak, garam, pakan hijau dan air. Ini akan membuat kambing kalian bagus dan kambing cepat gendut.

12. Kandang Yang Nyaman

kandang yang nyaman dapat mengoptimalkan pembangunan kualitas daging dan kambing bisa tumbuh lebih sehat,kandang yang nyaman memiliki ciri-ciri Status kandang mendapatkan cahaya matahari buatlah kandang di tempat yang sejuk dan mendapatkan cahaya matahari yang cukup. lebih disarankan membuat kandang di dekat pohon yang teduh dan rindang.

13. Kandang cukup perputaran udaranya

jangan sampai membiarkan kandang kambing kamu terlalu lembab dan sesak, dengan memberikan sirkulasi udara yang memadai supaya kandang kambing kamu tidak terlalu bau.

kamu juga bisa mengunjungi Jenis Pakan Bebek Agar Cepat Bertelur

itulah jenis-jenis pakan kambing yang berprotein tinggi dan cara merawat kambing agar kambing kamu cepat bertumbuh besar dan gemuk, karna dengan mempunyai kambing yang unggul kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.tentu saja dengan harga ual yang jauh lebih tinggi dibanding yang lain.

demikian artikel tenteng jenis-jenis pakan kambing berprotein tinngi, semoga dengan artikel ini bisa memberikan tambahan wawasan untuk kamu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *